Belajar CodeIgniter : Menampilkan View Menggunakan Controller


Controller pada dasarnya tidak digunakan untuk menampilkan front-end, tetapi sebagai perantara front-end dengan data dari database maupun static data. View yang akan disuguhkan kepada user yang membuka web app diproses dengan controller. Kita akan mencoba menampilkan sebuah View dengan Controller.

Pertama kita buat terlebih dahulu file user_view.php di dalam folder application/views dan masukan kode berikut kedalamnya :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Bedah PHP - Belajar Codeigniter</title>
</head>
<body>
  <h2>Judul User</h2>
  <p>isi dari tampilan user</p>
</body>
</html>
Lalu di dalam folder application/controller buat file dengan nama user_control.php, buat sebuah function index seperti berikut :
<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class User_control extends CI_Controller {

  public function index(){
    $this->load->view('user_control');
  }
}
Terakhir, buka routes.php yang terdapat dalam folder application/config/, scroll kebawah dan ubah kode berikut : $route['default_controller'] = 'welcome'; menjadi $route['default_controller'] = 'user_control';

Silahkan akses function index dengan mengakses URL : http://localhost/belajar-ci/ dengan browser (belajar-ci adalah folder saya, sesuaikan dengan nama folder project kamu). Maka yang akan terlihat adalah tampilan View yang sudah Kamu buat. Seperti berikut:


Komentar

  1. Terimakasih juga ya, sudah berkunjung dan memberi komentar.
    Silahkan share semoga bermanfaat untuk yang lain

    BalasHapus

Posting Komentar